Lucifer by SHINee

‘Lucifer’ Indonesian translation:

Saat kucoba untuk menghindarimu, aku tidak menemukan tempat untuk bersembunyi
Aku terperangkap olehmu, tak bisa kupungkiri
Jika ini cinta, jika kau benar-benar mencintaiku, jangan lakukan ini padaku
Bisikannya adalah Lucifer
Lucifer

Jika kau menjeratku dan menjebakku
Cintaku juga terjerat
Masa depan juga terjerat
Tak dapat berkembang
Kosongkanlah dirimu dan lihat aku
‘Kan kuisi dirimu, sungguh-sungguh ‘kan kuisi dirimu

Mantramu yang tak dapat disangkal adalah Lucifer
Sihirmu yang tak dapat disangkal adalah Lucifer
Saat ku mendekatimu
Dengan wajahmu yang seperti malaikat
Katakan kalau alasanmu hidup adalah aku
Katakan, katakan

Saat ku pertama kali melihatmu, aku berhenti sesaat
Seolah seseorang telah merebut hatiku, takkan rela melepaskannya (masih)
Kau merebut seluruh, seluruh, seluruh, seluruh, seluruh, seluruh hatiku begitu saja
Kau membuat hatiku mati jika kau tak ada di sini

Jika kau menjeratku dan menjebakku
Cintaku juga terjerat
Masa depan juga terjerat
Tak dapat berkembang
Kosongkanlah dirimu dan lihat aku
‘Kan kuisi dirimu, sungguh-sungguh ‘kan kuisi dirimu

Loverholic, robotronic, loverholic, robotronic

Cerita cinta yang kubagi denganmu
Kau mencari tempat yang sama denganku
Saat kita merasa kalau kita tak bisa dapatkan yang sempurna
Tataplah aku, kau akan lebih, lebih, lebih, lebih, lebih, lebih menginginkanku
Hanya tatap aku, kaulah titik pusat segala hal, hal, hal, hal, hal, hal

Sejak sebelumnya, sesuatu telah berjalan salah, kau bertingkah aneh
Cinta yang kuketahui meninggalkanku, satu demi satu
Segala yang kupunyai hanyalah kau

Jika kau menjeratku dan menjebakku
Cintaku juga terjerat
Masa depan juga terjerat
Tak dapat berkembang
Kosongkanlah dirimu dan lihat aku
‘Kan kuisi dirimu, sungguh-sungguh ‘kan kuisi dirimu

Aku merasa bagaikan badut yang terperangkap dalam istana kaca
Aku menari hanya untukmu, yang tak pernah merasa puas
Kau terbuka melihatku, menyentuh otakku
Kupikir aku menjadi orang yang bodoh
Kupikir aku semakin dan semakin tertarik padamu

Loverholic, robotronic, loverholic, robotronic

Aku tidak membencimu atau tidak menyukaimu
Tatapanmu membuatku terbebani
Aku takkan pergi ke mana pun
Aku menunggu seperti ini seraya memperhatikanmu

Tatatapanmu menangkapku
Hari demi hari berlalu, semakin tajam
Aku lelah akan obsesimu
Sudah terpotong banyak, hatiku terluka
Ketika tiba waktuku untuk berlalu
Dia datang padaku seperti malaikat, berkata ‘aku mencintaimu’
Siapa kau sebenarnya?
Kau membuatku bingung

Jika kau menjeratku dan menjebakku
Cintaku juga terjerat
Masa depan juga terjerat
Tak dapat berkembang
Kosongkanlah dirimu dan lihat aku
‘Kan kuisi dirimu, sungguh-sungguh ‘kan kuisi dirimu

Aku merasa bagaikan badut yang terperangkap dalam istana kaca
Tinggalkan ku sendiri, saat ku bebas, aku akan mampu mencintaimu seutuhnya
Tinggalkan ku sendiri, jangan buat ku menderita karenamu
Sehingga aku bisa melihatmu seutuhnya

Jika kau menjeratku dan menjebakku
Cintaku juga terjerat
Masa depan juga terjerat
Tak dapat berkembang
Loverholic, robotronic, loverholic, robotronic
Mantramu yang tak dapat disangkal adalah Lucifer

*****

Lagu ‘Lucifer’ ini sebetulnya sudah cukup lama saya terjemahkan (kira-kira tanggal 16 Mei 2011 selesai diterjemahkan keseluruhannya), tapi saya nggak yakin sama isinya karena lagu ini menggunakan bahasa Korea. Saya nge-blank kalau masalah bahasa yang satu ini… =___=;

Karena nggak mengerti satu kosa katapun dari bahasa Korea, saya hanya berpedoman pada terjemahan bahasa Inggris-nya, lalu saya bandingkan lagi dengan terjemahan Indonesia yang saya temukan pada web lain, dengan harapan dapat menemukan arti dari lagu ini yang cukup mendekati aslinya. Hasilnya bisa minna-san lihat di atas. Apa makna lagu ini sudah dapat tergambarkan dengan konkret? ^^

Oh ya, kata ‘loverholic, robotronic’ itu tidak ada artinya. Mungkin kata-kata itu merupakan bahasa slank atau bahasa gaul yang memiliki meaning yang tidak saya ketahui. Tapi menurut saya, kemungkinan arti ‘loverholic’ itu adalah ‘pecinta sejati’ atau orang yang sangat tergila-gila akan cinta (?). Sedangkan ‘robotronic’… hmm, apa mungkin itu suatu kata yang berkaitan dengan robot? Namun saya menemukan ada pendapat yang mengatakan kalau ‘robotronic’ adalah kombinasi dari kata ‘robot’ atau ‘robotic’ dengan ‘electronic’. Saya menemukannya di sini: http://answers.yahoo.com/question/index?qid=20100720123725AA0KvYD

Sebetulnya, kata ‘Lucifer’ ini sendiri memiliki pengertian yang kurang baik. ‘Lucifer’ sering didefenisikan sebagai iblis, atau malaikat yang terusir dari surga. Tapi tetap saja menurut saya lagu ini menarik. Apalagi di SHINee ini ada Taemin dan Minho. Hohoho… XD

Mohon koreksinya, minna-san… ^___^

Sumber referensi:
Acara ‘Live Power Music’ di Animax (yang pernah menayangkan performance SHINee dengan lagu ‘Lucifer’, disertai dengan terjemahan bahasa Inggris-nya)
http://shineeshawols.wordpress.com/2010/07/18/lucifer-lyrics-hangeulenglish-version-with-translation/
http://shabrinasukakorea.wordpress.com/2010/07/17/lyric-shinee-%E2%80%93-lucifer-hangulromanizationtranslate/
http://she-trees.blogspot.com/2010/07/indonesian-translate-shinee-lucifer.html

Sumber gambar:
http://meeramaruu.files.wordpress.com/2010/07/shinee-lucifer.jpg?w=500&h=376

Leave a Reply

