Must Read Manga: Binbou Shimai Monogatari

Akhir-akhir ini, saya lagi suka dengan sebuah manga berjudul ‘Binbou Shimai Monogatari’, yang diterbitkan di Indonesia dengan judul ‘Tale of Poor Sisters’ oleh penerbit Elex Media Komputindo.

Sesuai dengan judulnya, manga karangan Kazuto Izumi-san ini bercerita tentang dua orang bersaudari bernama Yamada Kyou (kakak) dan Yamada Asu (adik) yang hidup miskin di dalam sebuah kamar apartemen yang sempit. Ibu mereka telah wafat ketika melahirkan Asu dan sang Ayah pergi meninggalkan mereka dengan sejumlah hutang hasil meja perjudian. Kyou dan Asu pun hidup pas-pasan dengan keadaan yang serba sulit. Kyou, sebagai seorang kakak, harus rela bangun pagi-pagi sekali untuk bekerja agar dapat mendorong perekonomian mereka, dengan cara mengantar koran dari satu rumah ke rumah yang lain. Sementara si adik, Asu, harus memasak untuk makan sehari-hari.

Well, sebetulnya nggak pernah ada yang menyenangkan atau menarik dari kata ‘kemiskinan’. Namun semangat dan kasih sayang yang terjalin di antara Kyou-Asu membuat saya hanyut. Saya kebetulan punya seorang adik perempuan yang masih kelas 2 SD, dan ia mirip dengan Asu secara fisik. Ketika membaca kisah tersebut, saya jadi membayangkan, kalau seandainya nasib saya berubah menjadi seperti Asu dan Kyou, apakah saya bisa setegar Kyou? Apa saya bisa bekerja untuk menghidupi diri sendiri serta adik saya? Ya Allah… jangan sampai hal itu terjadi pada kami…

Kisah ini manis, dekat dengan kehidupan, dan ringan serta asyik untuk dibaca. Mungkin pointpoint inilah yang menyebabkan Binbou Shimai Monogatari diangkat ke anime. Kyou disuarakan oleh Sakamoto Maaya, dan Asu diisi suaranya oleh Kaneda Tomoko. Wah, saya tertarik sekali ingin melihat anime-nya 😀

Tertarik? Buruan ke toko buku. Manga-nya mulai langka ditemukan, lho. Di kota saya sih iya, kurang tahu kalau di kota-kota lain.

Sumber materi:

Komik Tale of Poor Sisters

http://en.wikipedia.org/wiki/Binb%C5%8D_Shimai_Monogatari

http://www.animenewsnetwork.com/encyclopedia/anime.php?id=6603

Sumber gambar:

http://www.google.co.id/

Leave a Reply

